Rabu, 11 Juni 2014

Antoni Gaudi

Antoni Gaudi


Antoni Gaudi adalah arsitek Catalunya dari Reus, Spanyol yang menjadi tokoh utama Modernisme Catalunya. Karya-karya Gaudi mencerminkan gayanya yang individualis dan tidak biasa. Kebanyakan diantaranya terdapat di Barcelona, termasuk Templo Expiatorio de la Sagrada Familia (sebuah gereja Katolik Roma raksasa).

Banyak karya Gaudi yang mencerminkan kegemarannya dalam hidup; arsitektur, alam, dan agama. Gaudi selalu memperhatikan setiap detail karyanya, mulai dari keramik yang digunakan, kaca berwarna, penempaan besi, hingga pahatan kayu.

Gaudi terinspirasi oleh seni oriental melalui studi para teoriwan arsitektur historis seperti Walker Peter, John Ruskin, dan William Morris. Pengaruh ini dapat dilihat pada karya-karyanya di Capricho, Istana Guell, Pavilliun Guell, dan Casa Vicens. Selanjutnya, ia menganut aliran neo-Gothik yang sedang populer pada kala itu, mengikuti ide arsitek Prancis Viollet-le-Duc. Pengaruh ini terlihat di Colegi de les Teresianes, Istana Episkopal di Astorga, Casa Botines, dan rumah Bellesguard. Terakhir, Gaudi mempelajari jalan yang lebih personal melalui gaya organik yang terinspirasi oleh alam yang kelak menjadi dasar karya-karya besarnya.

Antara 1984 dan 2005, tujuh karyanya dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Keyakinan Katolik Roma yang dianut Gaudi lama kelamaan menjadi sangat dalam dan citra religius pun tercermin di karya-karyanya. Hal ini membuatnya dijuluki "Arsitek Tuhan" dan banyak pihak menginginkan agar Gaudi dibeatifikasi.


Istana Guell


Casa Vicens


Colegi de les Teresianes


Salamander di Park Guell telah menjadi simbol karya Gaudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar